SMAN 5 Gowa Raih Juara Dua Sekolah Sehat Nasional

SMAN 5 Gowa Raih Juara Dua Sekolah Sehat Nasional

GOWA, BKM — Kabupaten Gowa kembali meraih prestasi nasional kali ini di bidang pendidikan yakni . sekolah sehat tingkat nasional.

Penganugrahan itu diterima langsung Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dari pihak Kemendikbud di Hotel Aryaduta, Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Lomba sekolah sehat sendiri digelar atas kerjasama empat kementerian, yakni Kementerian Pendidikan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan.

Lomba sekolah sehat digelar dalam rangka pembinaan dan pengembangan kesehatan sekolah. Kegiatan ini juga dalam rangka upaya meningkatkan derajat kesehatan peserta didik. Atas dasar itu, tim pembina Unit Kesehatan Sekolah (UKS) memandang perlu melaksanakan lomba tingkat nasional dalam rangka meningkatkan pengembangan kesehatan di sekolah.

Penganugrahan sendiri diawali dengan audiensi dengan pihak Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri.

Hadir di audiens dengan peserta penganugrahan pemenangan lomba sekolah sehat, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Hamid Muhammad, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Kirana Pritasari, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo dan Direktur KSKK Madrasah Dirjen Pendidikan Islam, Kemenag Ahmad Umar.

Dalam penilaian lomba sekolah sehat ini sendiri ada 96 sekolah dari 25 provinsi yang ditetapkan memenuhi syarat mengikuti lomba. Kategori yang diperlombakan sendiri yakni kategori sekolah dengan kinerja terbaik dan kategori sekolah dengan pencapaian terbaik.

Gowa sendiri menempatkan SMA 5 Gowa meraih juara dua kategori Best Achievement. Selain SMA 5 Gowa, Puskesmas Tinggi Moncong juga mendapatkan penghargaan di ajang itu atas pendampingan dalam usaha pembinaan Unit Kesehatan Sekolah (UKS).

Dalam raihan juara dua ini, SMAN 5 Gowa yang terletak di Kecamata Tinggimoncong tersebut menerima dana pembinaan sebesar Rp 25 juta.

Atas raihan tersebut, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan merasa bersyukur sebab kembali Kabupaten Gowa mendapatkan pengakuan dalam hal peningkatan mutu kesehatan sekaligus edukasi kesehatan di lingkup sekolah.

Adnan pun berharap seluruh sekolah di Gowa menerapkan konsep sekolah sehat sehingga kualitas pendidikan di Gowa semakin meningkat menuju Gowa Kabupaten Pendidikan.

“Alhamdulillah ini prestasi yang sangat baik ke depan,” singkatnya usai menerima piagam atas prestasi tersebut bersama kepala SMAN 5 Gowa Sudarman didampingi Kadis Pendidikan Gowa Salam. (saribulan)

Sumber

Leave a Reply